Aug 14, 2018 Last Updated 8:30 AM, Aug 6, 2018

Museum Bahari Terbakar, Rupanya Sering Korsleting Listrik

Published in Nasional
Read 173 times
Rate this item
(0 votes)

Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan, Jakarta Utara terbakar pagi tadi, Selasa (16/1/2018). Cagar budaya itu ternyata kerap mengalami korsleting listrik sebelum dilalap si jago merah.

"Kita memang mengalami beberapa kali (korsleting listrik), terutama lampu yang korslet," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Bahari, Husnizon Nizar di lokasi, Selasa (16/1/2018)

Pihaknya sudah menganggarkan perbaikan instalasi kabel yang ada di museum Tahun 2018. Namun pria yang akrab disapa Sonny itu tak menyebut berapa besaran biaya yang digelontorkan.

Sonny menerangkan, titik api pertama berasal dari Gedung C yang berada di sisi utara bangunan. Saat itu, petugas kebersihan yang bertugas di sana sudah melakukan upaya pemadaman, tapi api menjalar ke bangunan lainnya karena embusan angin kencang.

 

"Sudah berusaha memadamkan api, tapi karena asap makin tebal kita tidak sanggup memadamkannya," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lantai 1 Gedung C itu berisi miniatur alat-alat navigasi laut, seperti mercusuar, rambu-rambu laut dan juga perlengkapan lainnya yang berkaitan dengan transportasi laut. Bahkan, ada miniatur perahu tradisional.

Museum Bahari Kebakaran, 16 Unit Damkar Dikerahkan

Tak hanya itu, di lantai 2 gedung itu juga terdapat ruang pameran perang Laut Jawa. Isi dari ruangan itu adalah benda-benda yang disumbangkan dari kedutaan besar yang bekerja sama dengan Museum Bahari.

"Yaitu Keduataan Amerika Serikat, Kedutaan Inggris, Keduaan Australia dan Kedutaan Belanda," kata dia.

 

 

 

(https://news.okezone.com/read/2018/01/16/338/1845683/museum-bahari-terbakar-rupanya-sering-korsleting-listrik)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook