Aug 16, 2018 Last Updated 8:30 AM, Aug 6, 2018

Tutup Tur Kenegaraan ke Asia Selatan, Ini Agenda Presiden Jokowi di Afghanistan

Published in Nasional
Read 186 times
Rate this item
(0 votes)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan melengkapi kunjungan kenegaraannya ke lima negara di Asia Selatan dengan lawatan ke Afghanistan. Presiden dan Ibu Iriana meninggalkan Bandara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka, Bangladesh  menuju ke Kabul, Afghanistan dengan menggunakan pesawat kepresidenan sekira pukul 09.15 waktu setempat atau pukul 10.15 WIB.

Keberangkatan Presiden Jokowi dilepas oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Bangladesh, Abul Hassan Mahmood Ali dan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina P. Soemarno.

Berdasarkan keterangan dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Presiden Jokowi diagendakan akan melakukan serangkaian kegiatan kenegaraan selama kunjungannya di Afghanistan. Di antara kegiatan tersebut adalah pertemuan dengan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, pertemuan bilateral Indonesia dengan Afghanistan dan pernyataan bersama dari kedua kepala negara.

 

“Presiden juga akan bertemu dengan High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram  Sarai (Wisma Negara). Setelah itu, Presiden akan mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden,” kata Bey dalam siaran persnya, Senin (29/1/2018).

Pada sore hari, Presiden dan Ibu Iriana akan melakukan kunjungan ke Istana Darul Aman di luar kota Kabul. Kunjungan tersebut sekaligus menjadi penutup lawatan Presiden Jokowi ke Afghanistan sebelum pulang ke Tanah Air.

“Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara beserta rombongan akan kembali ke tanah air,” jelas Bey.

Lawatan Presiden Jokowi ini merupakan kunjungan bersejarah karena menjadi kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Afghanistan dalam waktu 56 tahun. Kunjungan terakhir Presiden RI ke Afghanistan dilakukan Presiden Soekarno pada 1961.

Lawatan ini juga dilakukan di tengah situasi tegang menyusul terjadinya serangkaian serangan kelompok militan di Ibu Kota Kabul yang menewaskan ratusan orang dalam sepekan terakhir.  Bahkan, menjelang kedatangan Jokowi, insiden ledakan bom mengguncang Kabul. Satu orang dilaporkan meninggal dalam peristiwa tersebut.

 

(https://news.okezone.com/read/2018/01/29/18/1851661/tutup-tur-kenegaraan-ke-asia-selatan-ini-agenda-presiden-jokowi-di-afghanistan)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook