Jul 23, 2018 Last Updated 7:53 AM, Jul 23, 2018

63 Calon TKI Ilegal Diamankan Polda Kepri

Published in Nasional
Read 170 times
Rate this item
(0 votes)

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri mengamankan 63 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Selain mengamankan 63 orang TKI itu, polisi juga mengamankan seorang sopir yang mengangkut TKI itu, Davit dan satu orang penanggung jawab TKI ilegal, Adi Laode.

 

Dari informasi yang dihimpun Batam Pos, 63 orang TKI itu diamankan di dua tempat yang berbeda. Sebanyak 58 orang diamankan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan 5 orang diamankan di dalam ruko yang dijadikan tempat penampungan di Kompleks Ruko Grand Niaga Mas Blok C nomor 18, Batamkota, Minggu (4/2) lalu.

Adapun Davit diamankan saat menjemput 53 calon TKI itu di Bandara. Calon TKI itu diberangkatkan dari Surabaya dengan tiga penerbangan yang berbeda. Mereka sampai di Batam pada pukul 08.20 WIB, 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB.

Rencananya, puluhan calon TKI itu untuk sementara ditampung di Ruko Grand Niaga Mas Blok C nomor 18, Batamkota, sebelum diberangkatkan melalui pelabuhan Internasional Batamcenter dan Pelabuhan Harbourbay menuju ke Malaysia.

Namun, belum sempat dibawa ke ruko tersebut, mereka langsung diamankan Ditreskrimum Polda Kepri. Usai diamankan, selanjutnya para calon TKI ilegal itu dan Davit langsung dibawa ke Mapolda Kepri untuk dimintai keterangan.

Sementara, penanggung jawab TKI ilegal itu, Adi Laode diamankan oleh jajaran Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) di salah satu restoran lantai dua Pelabuhan Internasional Batamcenter, Senin (5/1) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolsek KPPP AKP Reza Tarigan membenarkan bahwa anggotanya telah mengamankan Adi Laode. Usai diamankan, anggota Polsek KPPP langsung menyerahkan ke Ditreskrimum Polda Kepri untuk dimintai keterangannya.

“Kita hanya membantu Polda untuk mengamankannya saja. Kalau untuk lebih jelasnya silahkan langsung konfirmasi ke Polda,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kepri Kombes Erlangga. Menurutnya, sejauh ini jajaran Ditreskrimum Polda Kepri masih melakukan pemeriksaan terhadap 63 calon TKI ilegal itu dan memintai keterangan Adi Laode.

“Benar, Ditreskrimum Polda Kepri telah mengamankan 63 TKI ilegal dan orang yang mengkoordinir di bandara. Nanti akan ada waktunya dirilis. Saya hanya membenarkan saja penangkapannya,” ujarnya singkat.

(http://batampos.co.id/2018/02/06/63-calon-tki-ilegal-diamankan-polda-kepri/)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook