Dec 10, 2018 Last Updated 9:12 AM, Dec 7, 2018

Bandara Hang Nadim Akan Dikelola Secara Konsesi Mirip seperti Kelola Air

Published in Nasional
Read 486 times
Rate this item
(0 votes)

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan proses pengelolaan Bandara Hang Nadim nanti akan dilakukan mirip seperti pengelolaan ATB yang bersifat konsesi.

 

“Pengelolaan bandara nanti mirip seperti ATB. Ada konsesi dan ada revenue ke pengelolanya nanti. Dan tentu saja ada jangka waktunya,” katanya saat melakukan Press Conference di Gedung Marketing BP Batam, Rabu (7/3) sore.

Proses tender pengelolaan Bandara Hang Nadim nanti akan dilakukan dengan mengadopsi sistem Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). BP juga sudah melakukan market sounding sejak 28 Februari silam.

BP Batam kata Lukita akan memprioritaskan pengembangan Hang Nadim sebagai target pertama yang harus segera dilakukan. Nilai pengembangannya mencapai Rp 2,7 triliun, dimana akan difokuskan untuk membangun Terminal 2.

“Secara prioritas, maka pembangunan akan dilakukan dimulai dari Hang Nadim, Batuampar, Jembatan Batam Bintan dan Waduk Tembesi,” ujarnya lagi.

Lalu setelah itu, maka Pelabuhan Batuampar akan dikembangkan dengan nilai investasi sebesar Rp 2,16 triliun.

“Ini akan dikembangkan dengan melakukan konsorsium dengan Pelindo dan Pelindo juga akan gandeng perusahaan lain,” beber Lukita.

Kemudian akan membangun Jembatan Babin dan melelang pengelolaan Waduk Tembesi. Proyek lainnya yang dianggap penting adalah pembangunan rumah susun (rusun).”Rusun ini penting karena masih banyak masyarakat Batam yang belum punya rumah,” paparnya.

Selanjutnya adalah proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT). Panjang jalurnya adalah 55 kilometer dan akan memakan biaya pembangunan sebesar Rp 12 triliun.”Pembangunan ini bertujuan untuk mendorong Batam sebagai pusat logistik, digital, aviasi dan juga turisme,” ungkapnya.

(http://batampos.co.id/2018/03/08/bandara-hang-nadim-akan-dikelola-secara-konsesi-mirip-seperti-kelola-air/)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook