May 27, 2018 Last Updated 5:04 AM, May 22, 2018

Selain Sampo, 5 Makanan Ini Juga Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok

Published in Lifestyle
Read 142 times
Rate this item
(0 votes)

KERONTOKAN rambut merupakan masalah yang paling umum ditemui, baik pada pria ataupun wanita. Diperkirakan 80 juta orang Amerika mengalami kebotakan akibat rambut rontok seiring dengan bertambahnya usia, ataupun karena mengalami gangguan autoimun, diabetes, kekurangan vitamin, dan kurang tidur.

Walaupun begitu, sebenarnya ada penelitian yang menunjukkan bahwa Anda dapat kembali menebalkan rambut dengan memperhatikan makanan yang seharusnya Anda konsumsi. Seperti yang dilansir dari Prevention. Rabu (7/3/2018) ada beberapa makanan kaya nutrisi yang sudah terbukti baik untuk pertumbuhan rambut, hal ini juga dijelaskan dalam buku baru Eat for Extraordinary Health & Healing.

1. Ikan salmon

Rambut merupakan serat protein, sama halnya seperti kuku. Jadi, Anda perlu mengonsumsi protein untuk membentuk akar baru dan menjaganya agar tetap kuat. Hal ini juga diperlukan untuk membentuk keratin, yang merupakan komponen struktural utama rambut.

Pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut yaitu mengonsumsi protein yang berasal dari laut, seperti salmon, yang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan rambut pada wanita karena asam lemak omega-3 dan kandungan vitaminnya.

2. Madu

Bila digunakan sebagai pengobatan topikal, madu dapat memperbaiki tampilan rambut yang menipis. Dalam sebuah penelitian terhadap pasien penderita dermatitis seboroik , yang menyebabkan kulit kepala bersisik, gatal, dan rambut rontok, mereka memberikan larutan madu 90% dan 10% air ke kulit kepala pasien setiap hari selama 4 minggu, dan melaporkan adanya perbaikan rambut rontok pada akhir penelitian.

3. Bayam

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengalami kerontokan rambut, memiliki tingkat zat besi dan vitamin D2 yang sangat kurang dari kadar seharusnya. Bayam merupakan pilihan yang bagus, karena mengandung zat besi dan tinggi akan vitamin C, yang dapat membantu penyerapan zat besi. Anda juga dapat menyampurkan salad bayam dengan telur rebus dan jamur, keduanya mengandung vitamin D yang dapat membantu memperlambat proses kerontokan rambut.

4. Minyak

Minyak labu, rosemary, dan minyak kelapa berfungsi sebagai nektar ke kulit kepala. Dalam sebuah penelitian , para peneliti memberikan 400 mg per hari minyak biji labu atau plasebo selama 24 minggu kepada pria penderita rambut rontok . Mereka yang rutin menggunakan minyak biji labu mengalami pertumbuhan rambut sebesar 40%.

5. Rumput laut

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa suplemen yang mengandung cistanche tubulosa (tanaman gurun yang digunakan dalam pengobatan tradisional China) dan laminaria japonica (rumput laut coklat yang dapat dimakan) dapat membantu pertumbuhan rambut pada orang yang mengalami rambut rontok ringan sampai sedang. Setelah 16 minggu suplementasi, sukarelawan merasakan peningkatan 13% volume rambut dan peningkatan ketebalan rambut sebesar 27%. Suplemen ini juga efektif dalam mengobati peradangan kulit kepala dan ketombe.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/03/07/194/1869052/selain-sampo-5-makanan-ini-juga-bisa-atasi-masalah-rambut-rontok)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook