Jul 23, 2018 Last Updated 7:53 AM, Jul 23, 2018

Merasa Dilecehkan, Jaksa Minta Fredrich Dikeluarkan dari Ruang Sidang

Published in Nasional
Read 174 times
Rate this item
(0 votes)

Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasa dilecehkan atas sikap terdakwa Fredrich Yunadi selama persidangan perkara dugaan merintangi atau menghalangi proses penyidikan e-KTP yang digelar pada hari ini.

Jaksa KPK Roy‎ Riady mempermasalahkan gerakan tubuh Fredrich yang dianggap melecehkan persidangan. Sebab, saat tim Jaksa mengajukan beberapa pertanyaan kepada saksi dari dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta, Fredrich justru mengekspresikan bahwa pertanyaannya tidak masuk akal.

Atas sikap Fredrich, Jaksa Roy meminta ‎agar Majelis Hakim yang memimpin jalannya persidangan itu ‎mengeluarkan terdakwa karena dianggap tidak menghormati tim Jaksa yang sedang melakukan pemeriksaan terhadap saksi.

"Saya harap jika ada perbuatan terdakwa yang tidak patut, kami mengingatkan ketua majelis bisa mengingatkan kalau perlu mengeluarkan terdakwa dari ruang sidang ini," kata jaksa Roy di tengah persidangan, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).

 

Tak hanya meminta Hakim untuk mengeluarkan Fredrich dari ruang sidang, Jaksa Roy pun mengultimatum agar penasihat hukum Fredrich menyampaikan keberatan dengan baik. Dia meminta agar penasihat hukum mengajukan keberatan kepada hakim tanpa menyelak.

"Apabila pertanyaan JPU seandainya memang dianggap keberatan penasihat hukum bisa disampaikan ke majelis seperti itu, jadi tidak melalui gerakan-gerakan tubuh yang bisa melecehkan kami," tutur Roy.

Sebagaimana diketahui, Fredrich didakwa oleh Jaksa KPK melakukan menghalangi atau merintangi proses penyidikan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, yang menyeret Setya Novanto (Setnov).

Fredrich disebut bekerjasama dengan Dokter Rumah Sakit‎ Medika Permata Hijau Jakarta, Bimanesh Sutarjo. Keduanya diduga melakukan kesepakatan untuk merintangi penyidikan Setya Novanto.

Atas perbuatannya, Fredrich disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

 

(https://news.okezone.com/read/2018/03/15/337/1873163/merasa-dilecehkan-jaksa-minta-fredrich-dikeluarkan-dari-ruang-sidang)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook