Jul 23, 2018 Last Updated 7:53 AM, Jul 23, 2018

Cara Sederhana yang Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan

Published in Lifestyle
Read 172 times
Rate this item
(0 votes)

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering dialami ketika perubahan musim. Gejala awal penyakit ini ditandai dengan rasa tidak nyaman pada tenggorokan saat menelan sesuatu. Penyakit ini biasanya menjadi tanda awal dari flu.

Biasanya, penyakit ini muncul karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi es saat cuaca panas. Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan tentu sangat mengganggu. Selain meminta obat dari dokter, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti yang dikutip Solopos.com dari Boldsky di bawah ini agar sakit yang dirasakan tidak semakin parah:

 

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang dapat meringankan sakit tenggorokan. Sejumlah hasil penelitian menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir. Selain itu, air garam juga membunuh bakteri penyebab iritasi.

 

Caranya, campurkan satu sendok teh air garam dengan secangkir air hangat, aduk hingga larut. Pakai ramuan itu untuk berkumur. Jika tidak kuat dengan rasa asinnya, Anda bisa menambahkan sedikit

 

Minum Air dingin

Kebanyakan orang beranggapan minuman dingin harus dihindari jika sedang menderita sakit tenggorokan. Padahal, minum air dingin merupakan salah satu cara menghilangkan rasa sakit ditenggorokan. Sebab, es dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

 

Jauhi buah buah berasa asam

Selama ini, banyak orang menganggap buah berasa masam seperti jeruk dan apel merupakan obat terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan. Padahal, kenyataannya rasa masam pada buah tersebut justru memperburuk kondisi Anda. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi buah jika sedang menderita sakit tenggorokan.

 

Istirahat

Cara terbaik agar sakit yang diderita segera sembuh adalah beristirahat. Pastikan tubuh benar-benar beristirahat dari segala macam aktivitas yang melelahkan. Cobalah untuk tidur seharian di rumah agar kondisi segera pulih.

 

Diam

Memaksakan diri untuk terus berbicara saat tenggorokan sakit tentu sangat menyiksa. Jadi, sebaiknya Anda diam saja dan menahan diri untuk tidak banyak berbicara. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk mempercepat penyembuhan Anda.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/03/27/481/1878459/cara-sederhana-yang-ampuh-mengobati-radang-tenggorokan)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook