Sep 21, 2018 Last Updated 9:19 AM, Sep 21, 2018

11 Negara Tujuan TKI, Nomor 4 Negaranya Paling Kecil

Published in Nasional
Read 189 times
Rate this item
(0 votes)

Sepanjang awal tahun 2018, sudah lebih dari 15 ribu warga negara Indonesia (WNI) tercatat sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di sejumlah negara. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang tenaga kerja terbesar di dunia.

Melihat fenomena tersebut, lantas negara mana sajakah yang menjadi tujuan para TKI Indonesia?

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, sejak bulan Januari hingga Februari 2018 setidaknya terdapat 11 negara tujuan para tenaga kerja Indonesia. Berikut rinciannya.

1. Malaysia

Serupa dengan tahun sebelumnya, Malaysia masih tetap menjadi negara yang menerima TKI terbanyak dibandingkan negara lain. Negara yang kerap dijuluki Negeri Jiran itu pun menerima sebanyak 13.603 TKI di negara nya.

2. Hongkong

Setelah Malaysia, negara bagian administratif dari negara Tiongkok ini juga menjadi tujuan favorit para pekerja Indonesia di luar negeri. Hal tersebut terlihat karena sebanyak 6.947 orang menjadi TKI di negara Hongkong ini.

3. Taiwan

Taiwan menjadi negara ketiga yang paling banyak menerima tenaga kerja dari Indonesia. Dia sudah menerima 4.300 TKI dari Januari hingga Februari 2018.

4. Singapura

Singapura juga menjadi salah satu negara tetangga yang cukup banyak mempekerjakan para TKI di negaranya. Tercatat sebanyak 2.303 tenaga kerja Indonesia mengadukan nasibnya di negara yang luasnya bertambah karena adanya proses reklamasi.

5. Arab Saudi

Sebanyak 1.260 tenaga kerja Indonesia bekerja di negara kilang minyak tersebut.

6. Brunei Darussalam

TKI yang ditempatkan di Brunei juga cukup banyak. Sebanyak 1.1845 orang bekerja disana.

7. Amerika Serikat

Sebanyak 465 tenaga kerja Indonesia ditempatkan di Amerika Serikat.

8. Qatar

Tenaga Kerja Indonesia yang diberangkatkan ke Qatar hanya berjumlah 448 orang.

9. Kuwait

Sebanyak 100 orang TKI ditempatkan di Kuwait.

10. Jepang

Negara dengan julukan Matahari Terbit ini hanya menerima TKI yang jumlah nya 92 orang.

11. Italia

Serupa dengan Jepang, TKI yang ditempatkan di Italia juga hanya berjumlah 92 orang.

Okezone juga mencatat bahwa terdapat sejumlah TKI yang meninggal dunia dan dipulangkan dari sejumlah negara lainnya. Adapun negara-negara tersebut yaitu Uni Emirat Arab yang memulangkan TKI sebanyak 4 orang, Saudi Arabia sebanyak 4 orang, Bahrain sebanyak 1 orang, Kuwait sebanyak 2 orang, Oman sebanyak 1 orang, Taiwan sebanyak 3 orang, Hongkong sebanyak 4 orang, Brunei Darussalam sebanyak 3 orang, Korea Selatan sebanyak 4 orang dan yang terbanyak adalah negara Malaysia sebanyak 11 orang.

Berbagai pengaduan masalah pun diterima pihak ketenagakerjaan terkait dengan masalah yang dihadapi TKI di luar negeri. Kelengkapan syarat dan dokumen bekerja lagi-lagi menjadi masalah terbanyak yang ditangani oleh Indonesia. Hal ini nampak dari adanya 262 kasus tersebut.

Selain itu, masalah yang terjadi pun sangat beragam. Mulai dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) (29 kasus), TKI yang ingin dipulangkan (109 kasus), gaji yang tidak dibayar oleh majikan (55 kasus), sakit (50 kasus), TKI yang gagal berangkat (47 kasus), putus hubungan komunikasi (22 kasus), tindak kekerasan dari majikan (8 kasus), melarikan diri (14 kasus), hingga pelecehan seksual (2 kasus).

 

(https://news.okezone.com/read/2018/04/05/337/1882574/11-negara-tujuan-tki-nomor-4-negaranya-paling-kecil)

More in this category: KPK Buru Koruptor di Batam »

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook