Dec 10, 2018 Last Updated 9:12 AM, Dec 7, 2018

Sedang Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini Bantu Meningkatkan Produksi ASI

Published in Lifestyle
Read 305 times
Rate this item
(0 votes)

TIDAK ada yang lebih berharga daripada menjadi seorang ibu. Namun diperlukan persiapan yang matang untuk memastikan asupan nutrisi sang anak tercukupi. Salah satunya dengan memerhatikan pasokan ASI yang seringkali menjadi salah satu kendala utama pada masa pertumbuhan anak.

Fase menyusui merupakan masa yang krusial. Pasalnya, apapun yang Anda makan selama periode ini akan mempengaruhi jumlah dan kualitas ASI yang diproduksi. Oleh karena itu, menjaga asupan makanan serta minuman sangat penting demi memberikan gizi terbaik pada anak Anda. Berikut beberapa jenis makanan yang ampuh dalam membantu pasokan ASI pada ibu menyusui, sebagaimana dilansir dari Times of India, Selasa (10/4/2018).

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini dikenal karena sifat laktogeniknya yang ampuh membantu meningkatkan pasokan ASI pada ibu. Jadi jangan ragu menambahkan irisan bawang putih ke dalam menu makanan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah beberapa siung bawang putih secara langsung.

Wortel dan bit

Tidak hanya mengandung vitamin A yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata, wortel dan bit juga dipercaya dapat membantu produksi ASI pada ibu menyusui. Bahkan menurut para ahli, asupan jus wortel selama kehamilan dapat meningkatkan kualitas ASI, sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan sel.

Kayu manis

Selain menambah aroma masakan menjadi lezat dan menggugah selera, kayu manis ternyata juga ampuh meningkatkan produksi ASI. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu menambahkan 2 sendok teh bubuk kayu manis dan madu ke dalam susu hangat, dan minumlah menjelang tidur.

Almond

Makanan bercita rasa gurih ini sudah lama digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai jenis hidangan lezat ataupun olahan kue bercita rasa manis. Sebagian chef profesional menganggap bahwa almond sangat ampuh dalam menciptakan sensasi rasa gurih pada suatu hidangan. Namun tidak hanya itu, kandungan protein yang terdapat pada almond juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan memperbanyak pasokan ASI pada ibu.

Daun basil

Daun basil merupakan sumber antioksidan yang dapat menimbulkan efek menenangkan yang dibutuhkan oleh para ibu menyusui. Daun basil juga dapat memperbanyak pasokan ASI serta meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Jika bingung mengolahnya, rebuslah 5-6 daun basil selama kurang lebih 2 menit, lalu tiriskan selama kurang lebih 5 menit. Kemudian tambahkan madu secukupnya, minumlah secara rutin.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/09/298/1884281/sedang-menyusui-konsumsi-5-makanan-ini-bantu-meningkatkan-produksi-asi)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook