Jul 23, 2018 Last Updated 7:53 AM, Jul 23, 2018

Aktivitas Penerbangan di Sampit Sempat Terganggu Akibat Kabut

Published in Nasional
Read 125 times
Rate this item
(0 votes)

Penerbangan di Bandara Haji Asan, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Selasa (10/4/2018) pagi tadi sempat terkendala cuaca, meski tidak berlangsung lama.

"Tadi saya dapat informasi dari maskapai Nam Air tetap berangkat, namun pesawatnya dialihkan ke Banjarmasin sambil menunggu cuaca Sampit membaik. Setelah itu mereka kembali ke Sampit," kata Kepala Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur, Fadlian Noor

Selasa pagi, Sampit memang sempat diselimuti kabut embun cukup tebal. Jarak pandang di darat memang tidak terlalu terganggu, namun diduga cukup berpengaruh terhadap jarak pandang di udara.

Untuk menghindari tabrakan di jalan, warga tetap menyalakan lampu kendaraan mereka. Kabut embun mulai berkurang dan berangsur hilang sekitar pukul 06.30 WIB.

 

Namun kondisi ini ternyata cukup berpengaruh terhadap jarak pandang di udara. Akhirnya, pesawat rute Surabaya-Sampit yang seharusnya mendarat di Bandara Haji Asan Sampit sekitar pukul 07.30 WIB, dialihkan sementara ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, sambil menunggu cuaca di Sampit membaik.

"Tadi awannya rendah sekali makanya tidak mereka paksakan. Tapi semua aman. Intinya, hanya ada kendala cuaca sedikit. Mudah-mudahan tidak ada gangguan lagi," kata Fadlian.

Fadlian mengapresiasi koordinasi yang baik antara seluruh insan perhubungan. Sinergitas yang bagus ini diharapkan dapat mendukung kelancaran pelayanan transportasi kepada masyarakat.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Haji Asan Sampit, Nur Setiawan membenarkan kejadian itu. Pagi tadi awan di sekitar Bandara Haji Asan Sampit memang cukup rendah.

"Benar, pagi tadi Nam Air tidak dapat mendarat di Bandara Haji Asan dan dialihkan ke Banjarmasin. Tinggi dasar awan saat akan mendarat hanya berkisar 400 sampai 600 feet atau 125 sampai 200 meter dari permukaan," ucap Nur.

Saat ini kondisi cuaca Sampit sudah kembali cerah. Aktivitas penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit diharapkan tidak lagi terganggu.

 

(https://news.okezone.com/read/2018/04/10/340/1884554/aktivitas-penerbangan-di-sampit-sempat-terganggu-akibat-kabut)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook