Sep 25, 2018 Last Updated 10:24 AM, Sep 25, 2018

Mau Berat Badan Turun Usai Melahirkan, Ini Tips dan Triknya

Published in Lifestyle
Read 220 times
Rate this item
(0 votes)

SETELAH melahirkan, salah satu hal yang paling diinginkan wanita adalah mengembalikan bentuk badannya. Meskipun, ada beberapa orang yang bentuk badannya kembali singset, namun tidak jarang yang kesulitan untuk kembali ke bentuk badan idamannya.

Nah, bagi kamu yang masih berusaha untuk menurunkan berat badan setelah hamil dan ingin mengembalikan lekuk tubuh yang indah, kamu bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama adalah diet seimbang, dan yang kedua adalah berolahraga.

Melansir TheHealth, Kamis (3/5/2018), Ahli nutrisi Ria Wahi memberikan daftar makanan yang dapat dimasukkan dalam program diet Anda. Berikut adalah diet yang bisa Anda jalani dalam rangka menurunkan berat badan pasca-kehamilan.

 

(Foto: Shutterstock)

1. Diet Anda harus mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak seperti ikan, makanan kedelai dan daging tanpa lemak. Pilih susu skim atau rendah lemak. Selain itu, sayuran hijau yang mengandung zat besi juga bagus.

2. Konsumsi Vitamin C, karena ini dapat membantu menyembuhkan luka bagi ibu yang melahirkan melalui C-section.

3. Kerupuk gandum utuh dengan hummus atau kacang juga sangat sehat. Camilan ini bisa disimpan di dalam tas, sebagai penyelamat jika Anda kelaparan.

4. Disarankan untuk sarapan dengan sereal gandum dengan susu rendah lemak. Selain itu, telur rebus dengan beberapa jamur tumis segar, keju rendah lemak dengan sepotong buah. Anda juga bisa meminum yogurt sebagai pilihan yang baik.

 

Sementara Tarvin Dedha, ahli kebugaran dan pemilik Xtreme Fitness Gym, menyarankan ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Kegel atau latihan dasar panggul

Kegel membantu memperkuat otot dasar panggul, yang mendukung organ panggul. Panggul Anda, biasanya akan melemah karena proses kelahiran. Mungkin agak sulit untuk melakukan ini hanya setelah melahirkan. Namun, coba lakukan sebanyak yang Anda bisa dan kemudian tingkatkan durasi sesuai pilihan Anda.

2. Melatih otot Pelvic

Melatih pelvi, akan membantu Anda memperkuat otot-otot perut, sehingga meringankan sakit punggung. Caranya, berbaring telentang dengan lutut ditekuk.

Kemudian, angkat pinggul Anda dengan bertumpu pada kaki. Usahakan punggung Anda tetap menyentuh lantai dan tahan selama hitungan dua hingga tiga detik. Jangan melengkungkan punggung Anda, angkat perut dan pinggul atau tahan dengan kaki Anda untuk melakukan gerakan ini.

Related image

(Foto: yogamama)

 

3. Latih Pergelangan Kaki

Anda bisa melakukan olahraga ini dengan duduk ataupun berdiri. Buat gerakan melingkar dengan menggerakan telapak kaki Anda. Lakukan gerakan melingkar 10 kali searah jarum jam, lalu ulangi berlawanan arah jarum jam. Ulangi pola ini tiga hingga lima kali.

  Image result for ankle circles exercise

(Foto: Eccrsd)

 

4. Leg Slidding

Untuk melakukan gerakan ini, Anda harus berbaring telentang. Luruskan kedua kaki, lalu tekuk salah satu lutut kemudian luruskan lagi. Jaga punggung agar tetap berbaring dan lakukan gerakan ini bergantian dengan kaki lainnya.

Image result for Leg sliding exercise

(Foto: WebMD)

 

5. Aerobik

Anda bisa memulai dengan aktivitas aerobik ringan setelah Anda benar-benar sudah beraktivitas. Sangat disarankan untuk memakai pelatih untuk melakukan aerobik ini.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/03/481/1894038/mau-berat-badan-turun-usai-melahirkan-ini-tips-dan-triknya)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook