Nov 19, 2018 Last Updated 9:46 AM, Nov 16, 2018

5 Seragam Sekolah Unik di Seluruh Dunia, dari Mana Saja Ya?

Published in Lifestyle
Read 322 times
Rate this item
(0 votes)

TIDAK hanya Indonesia, sejumlah negara ternyata mengharuskan warganya mengenakan seragam ketika mengikuti pelajaran di sekolah. Desain dan warnanya pun sangat beragam mengikuti budaya dan adat istiadat masing-masing. Ada negara yang menggunakan warna-warna terang, namun ada pula yang cenderung memilih warna monokrom.

Dari segi desain, bajunya pun tidak kalah unik. Misalnya, seragam asal Negeri Sakura Jepang. Para siswa sekolah umumnya mengenakan pakaian maid seperti yang sering kita lihat di anime atau manga. Daripada penasaran, yuk lihat 5 seragam sekolah terunik yang ada di dunia, sebagaimana dilansir dari Insider, Senin (7/5/2018).

 

Inggris

Para murid Sekolah Dasar di Inggris umumnya mengenakan topi boater sebagai bagian dari seragam sekolah mereka. Seperti yang terlihat pada foto di bawah ini. Sejumlah murid terlihat sedang melakukan foto grup di luar museum V & A di kota London.

United Kingdom

(Foto: Reuters)  

 

Afrika Selatan

Berbeda dengan Inggris, anak-anak sekolah di Afrika Selatan justru tampil mengenakan beanie, sebuah topi yang umumnya digunakan pada musim dingin. Mereka juga mengenakan varsity jacket dan celana training berwarna senada. Seperti yang terlihat dalam foto di bawah ini.

Para murid dari Rainbow-Hill Christian School tampak mengenakan seragam berwarna hijau ketika sedang menyanyi dalam peringatan hari jadi mantan presiden mereka, Nelson Mandela, di Houghton, pada 2013 lalu.

South Africa

 

(Foto: Reuters)

 

Somalia

Somalia merupakan salah satu negara di Benua Afrika, di mana sebagian besar penduduknya beragama Islam. Lebih dari 1400 tahun lalu, Islam telah tersebar di negara tersebut. Tak heran jika para siswi di negara ini, selalu mengenakan seragam khusus yang dipadukan dengan hijab berpotongan panjang. Warna seragam mereka di dominasi oleh warna biru muda, sesuai dengan warna bendera negara.

Somalia

(Foto: Reuters)

 

Ukraina

Negara pecahan Uni Soviet ini ternyata memiliki bentuk seragam sekolah yang cukup unik karena menyerupai maid atau model baju yang sering Anda lihat di manga atau anime. Aksen maid juga dilengkapi dengan bando menyerupai bunga lotus yang disematkan pada bagian kepala murid. Dari segi warna memang cenderung monokrom yaitu, didominasi warna putih dan abu-abu gelap\

Ukraine

(Foto: AP)

 

Jepang

Berbicara soal seragam unik sepertinya belum lengkap jika belum membahas seragam anak sekolah di Jepang. Negara ini memang dikenal memiliki beragam keunikan budaya termasuk soal pakaian. Di Jepang, anak-anak sekolah diwajibkan untuk mengenakan seragam yang terinspirasi dari gaya para pelaut (sailot suits).

Inspirasi pakaian tersebut dipercaya berasal dari keluarga bangsawan Eropa pada tahun 1920-an. Untuk melengkapi tampilannya, disematkan pula sebuah tas berbentuk kotak yang dikenal dengan sebutan randoseru. Tapi jangan salah, walaupun sederhana tas ini dibanderol seharga 30.000 yen atau setara dengan Rp3 juta.

Japan

 

(Foto: Reuters)

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/07/194/1895299/5-seragam-sekolah-unik-di-seluruh-dunia-dari-mana-saja-ya)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook