Jun 18, 2018 Last Updated 6:41 AM, Jun 8, 2018

Kenali Penyebab Munculnya Uban, Salah Satunya karena Infeksi Virus

Published in Lifestyle
Read 52 times
Rate this item
(0 votes)

BERUBAHNYA warna rambut menjadi abu-abu atau putih yang kerap dinamakan uban, menjadi kekhawatiran baik pria maupun wanita. Akan tetapi, rambut beruban hampir tidak bisa dilawan seiring pertambahan usia. Selain itu, stres dan faktor genetik juga dapat mengakibatkan tumbuhnya uban di kepala.

Dalam beberapa kasus, pria dalam usia muda pun tumbuh uban. Hasil studi terbaru dari University of Alabama at Birmingham, Amerika Serikat (AS), menunjukkan, uban ternyata juga hasil dari respons imun dalam tubuh.

Dinukil dari Men’s Health, Senin (7/5/2018), para ahli mengukur adanya kekurangan melanin sebagai dampak dari perubahan genetik MITF karena infeksi dalam tubuh. MITF sendiri, berfungsi untuk mengoreksi fungsi melanin yang memberikan warna bagi kulit, mata, dan rambut manusia.

https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 20 481 1833180 ini-penyebab-ubanan-di-usia-muda-salah-satunya-karena-merokok-pdjRGC8d1X.jpg

(Foto: Shutterstock)

Analisa ahli menunjukkan gen MITF juga berfungsi untuk melawan virus. Ketika jumlah gen MITF tidak cukup untuk melawan infeksi dan melanin, maka rambut tanpa pigmen akan tumbuh.

“Mungkin pada seseorang yang cukup sehat, rentan terhadap uban. Infeksi virus terjadi setiap hari, sehingga menyebabkan penurunan melanosit dan sel induk melanosit yang pada akhirnya berujung ke uban prematur,” ujar salah satu peneliti bernama Melissa Harris.


https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 27 194 1725217 masih-muda-tapi-sudah-beruban-atasi-dengan-bawang-bombai-ywh1e1RSH7.jpg

(Foto: Pinterest)

Meski demikian, pria yang berambut putih di usia muda tidak perlu khawatir. Sebab, menurut studi dari match.com pada 2017 menunjukkan bahwa 72% perempuan menilai pria beruban itu seksi.

Tampilan rambut beruban juga membuat pria dianggap wanita sebagai penjaga yang kuat sehingga lebih istimewa dibandingkan rekan-rekan Anda yang berwarna rambut normal.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/07/481/1895276/kenali-penyebab-munculnya-uban-salah-satunya-karena-infeksi-virus)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook