Nov 19, 2018 Last Updated 9:46 AM, Nov 16, 2018
Published in Nasional
Read 354 times
Rate this item
(0 votes)

Tiket mudik dari Batam menuju ke berbagai daerah sudah tak tersedia lagi. Sementara itu, hanya dua maskapai saja yang mengajukan penambahan jadwal penerbangan yakni Lion Air dan Sriwijaya Air.

 

Kedua maskapai ini menambahkan jadwal penerbangan hanya ke beberapa daerah di Sumatera saja. Namun untuk daerah Pulau Jawa atau pulau lainnya tak ada penambahan jadwal penerbangan.

Hal ini membuat beberapa orang mencoba mencari alternatif mudik. Salah satu alaternatif yang cukup unik dilakukan masyarakat Batam dalam beberapa tahun belakangan, yakni mudik melalui Singapura.

Dewi, salah seorang masyarakat Batam yang memilih mudik melalui Singapura, ia mengaku memilih mudik melalui negara tetangga karena biayanya lebih murah dibandingkan melalui Hang Nadim.

“Saya memilih karena alasan waktu juga,” katanya, Kamis (7/6).

Ia mengatakan tiket dari Bandara Changi, Singapura ke Pekanbaru berada pada kisaran Rp 500 ribu. Sementara itu, rute Batam ke Pekanbaru berada dikisaran harga Rp 800 ribu.

“Tahun lalu saya juga menjalani mudik melalui Singapura,” ungkapnya.

Hal yang senada diungkapkan oleh Sunanto, pria lajang asli Surabaya ini juga memilih mudik melalui Singapura.

“Murah, lumayan tiketnya selisih Rp 700 ribu,” tuturnya.

Ia mengatakan berangkat 11 Juni, tiket dari Singapura ke Surabaya dibelinya dengan harga Rp 1,3 juta. Sedangkan tiket dari Batam menuju ke Surabaya, sudah berada dikisaran Rp 2 juta. Tiket yang tersediapun, hanya untuk penerbangan transit.

Terkait mudik melalui Singapura ini, telah lama didengar oleh Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso.

“Memang ada,” ujarnya.

Dari pantauannya selama beberapa tahun ini, masyarakat yang memanfaatkan mudik melalui Singapura itu berkisar diangka 10 persen dari jumlah keseluruhan pemudik Idul Fitri.

“Kalau soal harga bedanya dikisaran Rp 400-600 ribu lah untuk ke beberapa daerah tujuan,” tututnya.

Suwarso mengungkapkan di Singapura tidak menetapkan tarif ambang batas atas atau bawah. Sehingga saat hari besar atau libur, tarif tiket di Singapura tidak ada lonjakan yang berarti.

“Sama saja (tarif tiket Singapura,red), reguler,” ucapnya.

Alternatif mudik tidak hanya melalui Singapura saja. Masyarakat Batam dapat mudik melalui jalur laut. Beberapa pelabuhan di Batam menyediakan rute pelayaran ke beberapa daerah di Sumatera serta Jawa.

Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang, Suherman mengatakan pihaknya melayani rute ke Tanjungbuton, Dumai, Bengkalis, Selatpanjang, Tembilahan, Sungai Guntung, Kuala Galung, Kuala Tungkal dan Kuala Enok.

“Tiketnya masih menerapkan harga reguler,” ucapnya.

Harga tiket Pelabuhan Sekupang, Batam menuju ke Tanjung Buton hanya Rp 290 ribu,

  • Sekupang ke Dumai Rp 400 ribu,
  • Sekupang ke Bengkalis Rp 300 ribu,
  • Sekupang ke Selat Panjang Rp 110ribu,
  • Sekupang ke Tembilahan Rp 450 ribu,
  • Sekupang Sungai Guntung Rp 450 ribu,
  • Sekupang ke Kuala Galung Rp 420ribu,
  • Sekupang ke Kuala Tungkal Rp 445ribu dan
  • Sekupang ke Kuala Enok Rp 505ribu.

Selain melalui Pelabuhan Sekupang, masyarakat juga bisa mudik melalui Pelabuhan Roro di Telagapunggur, Nongsa. General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Punggur Anis Adinizam mengatakan pihaknya melayani rute pelayaran dari Batam menuju ke Mengkapan, Riau, lalu juga ke Karimun, Dabo, Lingga serta juga ke Jambi.

“Jadwal rutenya dapat dilihat melalui website www.indonesiaferry.co.id,” ungkapnya.

Kelebihan mudik melalui Kapal Roro, masyarakat bisa membawa kendaraanya ke daerah tujuan. Sebagian kecil masyarakat memilih mudik melalui jalur ini. Salah satunya, Sherly Comala Sari. Perempuan asal Padang ini, menuturkan sudah beberapa tahun mudik menggunakan Kapal Roro.

“Sekalian jalan-jalan dan menikmati libur. Lalu kadang saat sampai di Padang, sudah cari mobil rental. Yahh terpaksa bawa mobil dari sini saja,” ucapnya singkat.

(http://batampos.co.id/2018/06/08/mudik-melalui-singapura/)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook