Jul 23, 2018 Last Updated 7:53 AM, Jul 23, 2018

Bea Cukai Tetap Siagakan Petugas selama Libur Lebaran

Published in Nasional
Read 62 times
Rate this item
(0 votes)

Selama libur  lebaran hingga tepat hari H lebaran, layanan kepabeanan ekspor-impor di Batam tetap berjalan seperti biasa.

 

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Bea Cukai (BC) Batam, Susila Brata, Rabu (6/6) sore.

“Selama libur lebaran, kami sudah membuat pengumuman, dan itu sudah kami upload di website kami juga. Mana-mana saja layanan yang kami buka selama liburn lebaran. Layanan ekspor-impor kami tegaskan tetap masuk dan berjalan seperti biasa. Selama lebaran pun layanan ekspor tetap buka 24 jam,” ujar mantan Kabid BKLI BC Batam tiga tahun lalu ini.

Sedangkan untuk layanan kepabeanan impor barang, lanjutnya, selama cuti lebaran tetap masuk. Hanya tepat di hari H lebaran selama dua hari, layanan impor diliburkan.

“Kami punya aturan personel yang ada tak boleh melebihi sepertiga dari kekuatan yang cuti nantinya. Menurt data dari kami, bahkan pegawai BC yang cuti kali ini sedikit sekali jumlahnya, tak sampai seperempat dari jumlah pegawai BC yang ada,” terangnya.

Sedangkan untuk pengawasan di pintu-pintu masuk di pelabuhan maupun maupun bandara, lanjut Susila, masih tetap berjalan normal.

“Kami ada pejabat di bidang P2 tak boleh satu haripun lowong pejabatnya. Jadi setiap hari selalu ada pergantian untuk piket sebagai pejabat di pengawasan. Demikian juga patroli laut akan tetap dijalankan seperti biasa. Kekuatan kami tak akan berkurang walaupun ada yang cuti,” kata Susila.

Mendekati lebaran nantinya, pintu-pintu masuk dan keluar seperti misalnya di pelabuhan penumpang Sekupang dan Harbour Bay tetap akan diberikan pelayanan yang maksimal. Begitu juga dengan di Bandara Hang Nadim.

“Kalau selama yang kami tambahkan jelang lebaran, kami tambahkan personel di titik seperti bandara dan elabuhan yang padat. Penambahan personel untuk mengantisipasi arus mudik maupun balik seperti juga di Pelabuhan Batuampar,” terang Susila.

Penambahan akan diberikan ke pelabuhan maupun bandara yang biasanya akan membludak jumlah penumpang yang mudik dan arus balk nantinya.

“Rata-rata penambahan personel sebanyak 50 persen dari kuota biasanya. Ada juga yang ditambahkan hingga 100 persen dari jumlah personel biasanya,” ujar Susila mengakhiri.\

(http://batampos.co.id/2018/06/08/bea-cukai-tetap-siagakan-petugas-selama-libur-lebaran/)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook