Jul 23, 2018 Last Updated 7:53 AM, Jul 23, 2018

Destinasi Wisata Nongsa, Ramai di Kunjungi Masyarakat

Published in Nasional
Read 59 times
Rate this item
(0 votes)

Destinasi wisata di Nongsa ramai dikunjungi masyarakat Batam, seperti Kebun Raya Batam, Nongsa Pantai, Pulau Putri, Pantai Mak Dare, Pantai Bale-Bale. Tempat-tempat itu menyediakan wisata yang murah meriah. Masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk masuk ke tempat-tempat ini. Namun pemandangan yang disuguhkan tak kalah bagus dibandingkan destinasi wisata lainnya yang cukup menguras dompet.

 

Maka tidak heran saat musim liburan seperti saat ini, kendaraan lalu lalang menuju ke Nongsa. Salah seorang yang ditemui Batam Pos di Nongsa Pantai, Agus mengatakan sudah menjelajahi setiap destinasi wisata di Nongsa.

“Saya bersama keluarga sudah masuk ke semua tempat di sini. Begitu dapat info ada tempat wisata baru di sini, saya datangin,” katanya sembari tertawa, Rabu (20/6).

Ia mengatakan destinasi wisata di Nongsa terdapat banyak pilihan. Ada wisata edukasi, sekaligus mengajak keluarga merasakan suasana perbukitan di Kebun Raya Batam.

“Di sana bisa mengajarkan anak-anak tentang berbagai macam tumbuhan. Wisata sekaligus belajar juga. Kalau untuk pantai, jangan tanya lagi. Nongsa ini jagonya wisata pantai, banyak pilihan,” kata pria yang tinggal di daerah Tiban itu.

Hal senada diucapkan oleh Nesya. Gadis usia 20tahunan mengatakan memilih berlibur bersama teman-temannya, karena tidak pulang kampung di lebaran kali ini.

“Enggak ada duit, ini aja cari tempat wisata murah. Tapi spot foto banyak yang bagus-bagus di sini, lumayan dipamerin lalu masukin ke instagram,” ujarnya sembari tersenyum.

Nesya tidak sendirian, ia bersama teman-teman satu tempat kerjanya menikmati sejuknya udara Kebun Raya Batam.

“Kalau sendiri tidak asyik mas, macam orang galau. Kan saya ingin bersenang-senang,” tuturnya.

Ramainya pengunjung ke Nongsa ini, dibenarkan oleh salah seorang pengelola destinasi wisata di Nongsa Pantai.

“Kalau libur lebaran ini, sepinya saat hujan aja. Kalau tak hujan, tumpah ruah,” ungkap salah satu pengelola di Nongsa Pantai, Yuliandi.

Ia mengatakan saat ini di daerah Nongsa sudah banyak pilihan tempat wisata. Tentunya mau tak mau, pihaknya harus lebih kreatif, agar dapat menarik pengunjung lebih banyak. Yuliandi mengatakan ditempatnya menyediakan banana boat. Wahana satu ini cukup banyak digemari masyarakat.

Tidak jauh dari Nongsa Pantai, terdapat destinasi lain yang sedang dibangun oleh Pemko Batam yakni Pulau Putri. Untuk mengunjungi pulau itu, masyarakat harus menggunakan boat dan berlayar sekitar 15 menit.

Yuliandi mengatakan pihaknya menyediakan boat menuju ke Pulau Putri.

“Harganya tak mahal, terjangkaulah bagi masyarakat Batam. Ada hiburan khas melayu juga, dan tentunya itu bisa dinikmati masyarakat ketika berkunjung ke sini,” ujarnya.

Sejumlah wisatawan lokal maupun mancanegara pun memadati kawasan Barelang.

Arus lalu lintas di jalan menuju tempat tersebut juga dipadati oleh kendaraan roda dua, roda empat maupun mobil wisatawan.

Sejumlah masyarakat yang ditemui Batam Pos mengaku sengaja menghabiskan waktu liburnya untuk berkunjung ke tempat tersebut.

“Hari ini terakhir libur panjang, jadi sekeluarga kumpul-kumpul di sini saja,” ujar Iranti, Rabu (20/6).

Lokasi lain yang dikunjungi warga Batam adalah pantai Melayu, Rempang Galang. Pengujung terlihat memadati pantai ini mulai pukul 10.00 WIB. Kebanyakan dari wisatawan ini datang bersama keluarga mereka. Pengelola, Arman, mengaku sejak liburan panjang Minggu (17/6) lalu ramai dikunjungi wisatawan.

“Kalau liburan begini memang banyak yang datang,” katanya.

Ia mengatakan, berbeda dengan hari biasa, wisatawan yang datang ketika libur panjang bisa lebih dari 1.000 pengunjung. Untuk menghadapi banyaknya pengunjung, pihak pengelola menyiagakan beberapa petugas untuk mengawasi pergerakan pengunjung.

“Pengawasan serta petugas keselamatan tetap ada disini,” katanya.

Salah satu pengunjung Pantai Melayu, Masayu menuturkan, hari terakhir libur panjang tersebut sengaja ia manfaatkan untuk berkunjung ke pantai.

“Beberapa hari ini berkunjung ke sanak saudara, sekarang waktunya untuk ke pantai, mandi dan makan-makan bersama keluarga besar,” pungkasnya. 

(http://batampos.co.id/2018/06/21/destinasi-wisata-nongsa-ramai-di-kunjungi-masyarakat/)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook