Nov 19, 2018 Last Updated 9:46 AM, Nov 16, 2018

Kulit Kaki Pecah-Pecah, Haluskan Kembali dengan Minyak Kelapa

Published in Lifestyle
Read 364 times
Rate this item
(0 votes)

ANDA pasti pernah mengalami kulit pecah-pecah pada bagian telapak kaki. Ya, mayoritas orang Indonesia pasti mengalami hal ini. Kulit kering menjadi salah satu faktor utama penyakit ini.

Penyakit ini memang tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, pada kondisi tertentu kulit yang pecah akan mengelupas hingga bagian terdalam sehingga menimbulkan perih. Selain itu, sela-sela kulit yang pecah dapat dengan mudah dimasuki debu dan membuat kaki terlihat kotor meski telah mencuci kaki.

 

Penyakit kulit kaki pecah-pecah dapat dialami siapa saja tanpa memandang batasan umur. Berdiri terlalu lama, terkena air selama berjam-jam menggunakan sabun yang terlalu tajam serta cuaca dingin, menjadi penyebab utama kaki pecah-pecah.

Namun, tidak perlu khawatir. Nyatanya penyakit kaki pecah-pecah bisa disembuhkan dengan mudah. Menyadur dari Wonders List, Okezone akan membagikan lima tips untuk menyembuhkannya.

1. Penggosokan

Menggosok kulit yang mati atau keras akan membantu Anda menyingkirkan sebagian besar kulit kaki yang retak. Sebelum Anda mulai menggosok, rendam kaki Anda dalam air bersabun hangat selama sekira 15-20 menit agar kulit Anda melembut dan lebih mudah untuk digosok. Setelah Anda merendam kaki Anda di dalam bak berisi air sabun, keluarkan salah satu kaki, dan gosok menggunakan batu apung secara lembut sel kulit mati yang sudah mengendur.

Ulangi hal yang sama terhadap kaki Anda yang lainnya. Setelah selesai cuci kedua kaki Anda dengan air bersih. Keringkan menggunakan handuk lembut dan oleskan krim kaki yang bagus. Akan lebih baik untuk mengikuti metode ini pada malam hari dan setelah menerapkan pelembab. Anda dapat memakai kaus kaki katun dan tidur. Ikuti cara ini setidaknya dua kali seminggu dan masalah Anda akan terpecahkan.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat mengobati kulit kering dan pecah-pecah dengan sangat baik. Selain itu minyak kelapa juga mampu melawan infeksi bakteri dan jamur. Yang perlu Anda lakukan sebelum tidur adalah mencelupkan kaki ke dalam air hangat untuk beberapa waktu dan gosok dengan loofah.

 

Tepuk-tepuk kaki Anda hingga kering lalu gunakan minyak kelapa pada kaki. Karena minyak dapat menodai sprei Anda, akan lebih baik untuk menutupinya dengan kaus kaki. Selain itu cara ini juga akan membantu proses penyembuhan bekerja lebih baik. Keesokan paginya, cukup lepaskan kaus kaki dan cuci kaki Anda.

3. Garam Epsom

Garam Epsom mampu meningkatkan sirkulasi darah, mengeluarkan racun, meningkatkan kesehatan kulit, dan sangat bagus untuk kulit kaki pecah-pecah. Untuk perawatan di rumah, Anda perlu mengisi wadah dengan air hangat, dan tambahkan setengah cangkir garam Epsom. Rendam kaki Anda di air ini selama 10 menit.

keluarkan salah satu kaki, dan gosok menggunakan batu apung secara lembut sel kulit mati yang sudah mengendur. Ulangi hal yang sama terhadap kaki Anda yang lainnya. Setelah selesai cuci kedua kaki Anda dengan air bersih. Keringkan menggunakan handuk lembut dan oleskan petroleum jelly atau pelembab tebal. Ulangi proses ini setidaknya selama 2-3 hari.

4.Lemon

Jus lemon memiliki sifat asam alami dan ringan yang dapat membantu menyingkirkan kulit kering dan sel-sel kulit mati pada kaki Anda dengan mudah. Ini juga akan membuat kulit Anda cantik dan lembut. Ambil sebuah wadah dan isi dengan air hangat. Tambahkan jus lemon ke dalamnya dan rendam kaki Anda dalam air lemon hangat ini sekiranya selama 10 menit.

 

Gosokkan kaki Anda menggunakan sikat gigi yang lembut dan kemudian cuci kaki. Keringkan dengan handuk. Sekarang oleskan krim kaki atau pelembab pilihan Anda. Ulangi proses ini 2-3 kali seminggu.

 

5.Cuka

Cuka juga dapat menyembuhkan kaki yang retak berkat asam asetat yang ada di dalamnya. Asam ini mampu melembutkan kulit dan membuat pengelupasan menjadi mudah. Cara menggunakannya sagat mudah, campurkan dua cangkir air dengan satu cangkir sari apel atau cuka putih lalu rendam kaki Anda dalam campuran ini selama 15 menit.

Sama seprti sebelumnya, gunakan bantuan batu apung untuk menghilangkan kulit kering dan mati. Selanjutnya, bersihkan kaki Anda, keringkan, dan gunakan pelembab pilihan yang terbaik.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/13/194/1921856/kulit-kaki-pecah-pecah-haluskan-kembali-dengan-minyak-kelapa)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook