Oct 18, 2018 Last Updated 12:56 PM, Oct 16, 2018

Jokowi Tampung Usulan Dana Kelurahan dari Wali Kota Se-Indonesia

Published in Nasional
Read 225 times
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik adanya permintaan wali kota se-Indonesia yang berharap adanya bantuan dana kelurahan seperti dana desa guna membantu mereka dalam menjalankan program pemerintahan kota.

Para wali kota itu berharap, dana kelurahan akan mampu menjadi solusi dari persoalan kekurangan anggaran yang ada di setiap kelurahan.

"Alhamdulillah, beliau (Presiden) menyambut baik, beliau berpikir dana desa itu juga masuk ke dana kelurahan. Insya Allah mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi untuk bisa membantu dana kelurahan," kata Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany usai bertemu Presiden Jokowi dalam pertemuan bersama wali kota se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (23/7/2018).

Ia menilai, pemerintah juga tak perlu membuat undang-undang untuk memberikan bantuan dana kelurahan untuk pemerintahan kota. Selain itu, besaran dana kelurahan juga dapat sesuaikan dengan karakter dan masalah yang ada di kelurahan.

"Cukup peraturan juga bisa, yang penting tidak melanggar aturan. yang penting ada bantuan terhadap dana kelurahan yang itu mudah-mudahan bisa diformulakan oleh kementerian," terang Airin.

Jokowi

Airin memaparkan, bahwa para wali kota se-Indonesia ini juga menyerahkan sepenuhnya formulasi bantuan dana kelurahan kepada pemerintah pusat.

"Kita sih hanya melihat bahwa ada anggaran yang masuk ke desa. (Jadi) kita berharap bisa ada anggaran yang masuk ke kelurahan. Skemanya seperti apa mekanismenya seperti apa itu diserahkan ke pemerintah pusat," papar Airin.

Menurut Airin, dana kelurahan juga dibutuhkan oleh Pemko lantaran persoalan di perkotaan juga kompleks seperti yang ada di desa.

"Baik itu kemacetan, kriminalitas, dan lainnya, bahkan kemiskinan. kalau tidak ditangani dengan baik, bahkan kriminalitas bisa tinggi sehingga meminta kepada Presiden membuat kebijakan bahwa bantuan keuangan tidak hanya pada desa tetapi juga ke kelurahan," tandasnya.

Jokowi

 

(https://news.okezone.com/read/2018/07/23/337/1926078/jokowi-tampung-usulan-dana-kelurahan-dari-wali-kota-se-indonesia)

Last modified on Monday, 23 July 2018 14:35

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook