Nov 19, 2018 Last Updated 9:46 AM, Nov 16, 2018

Cara Menghindari Cahaya Biru di Smartphone yang Bisa Bikin Mata Kering

Published in Lifestyle
Read 335 times
Rate this item
(0 votes)

PADA beberapa jenis smartphone terdapat cahaya biru yang terlihat jelas oleh mata. Hindarilah, sebab itu bisa merusak mata yang awalnya ditandai dengan mata kering.

Sayangnya, banyak orang merasa tidak pernah merasakan mata kering dengan gejala penglihatan kabur, pedih dan mata merah. Biasanya untuk mengatasi hanya sekedar dikucek atau diberi obat tetes mata, setelah itu lanjut main smartphone. Jangan lakukan itu!

Saat ini anak muda banyak yang mengalami risiko mata kering. Dokter melihat semakin banyak kasus mata kering, baik pada orang dewasa dan anak-anak, sebagian besar karena penggunaan smartphone terlalu lama.

Kondisi mata kering disebabkan ketika air mata Anda tidak cukup melumasi mata Anda. Itu pemicunya dari cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone dan gadget digital lainnya seperti laptop .

 

Cahaya biru itu merupakan salah satu spektrum cahaya tampak, terdiri dari partikel elektromagnetik yang bergerak dalam gelombang. Semakin panjang panjang gelombang, semakin rendah energinya dan sebaliknya. Cahaya biru memiliki panjang gelombang yang sangat pendek, sehingga menghasilkan jumlah energi yang tinggi dibandingkan dengan warna lain.

Itu sebabnya mengapa paparan cahaya biru yang terlalu lama, dapat menyebabkan ketegangan mata dan membawa kerusakan jangka panjang. Ada langkah-langkah pencegahannya yang harus Anda lakukan, berikut caranya dilansir Thehealthsite, Senin (23/7/2018).

Istirahatkan mata Anda dari ponsel dan layar laptop

Jauhkan penggunaan ponsel dan layar laptop secara terus-menerus karena bisa bikin Anda mudah terkena mata kering. Istirahatkan mata Anda dengan cara menjauhkan mata usai menghadap laptop setiap 2 jam, paling tidak istirahatlah selama 10 menit agar mata bebas mengalami kekeringan.

Hindari tempat-tempat berpolusi dan alat yang bisa memaparkan udara kotor

Batasi ekspos terhadap pengering rambut terlalu sering, juga pakailah kacamata hitam saat Anda pergi ke luar rumah. Ini akan mencegah Anda mengalami kekeringan mata dan mempertahankan kelembapan. Pastikan juga untuk melumasi mata dengan obat tetes mata aman saat mata sering terpapar polusi.

 

Lindungi mata Anda dari asap rokok

Asap rokok tidak hanya menyebabkan iritasi mata kering, tapi juga meningkatkan risiko mata kering. Bagi siapapun jauhkan diri dari paparan asap rokok tersebut supaya tidak berbahaya sekali.

Kompres dengan air hangat

Kelopak mata selain harus dilumasi tapi juga bisa dikompres dengan air hangat. Cuci kelopak mata Abda saat sering menggunakan ponsel. Cara ini membantu melepaskan beberapa minyak di kelenjar kelopak mata Anda, serta meningkatkan kualitas air mata Anda.

Konsumsi suplemen asam lemak Omega-3

Jika ingin menenangkan mata kering dengan cara lain, Anda bisa mengonsumsi suplemen asam lemak omega 3. Asupan ini juga didapatkan dari ikan-ikan segar yang kaya nutrisi serupa. Pastikan Anda sering mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan mata Anda dengan baik.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/23/481/1926030/cara-menghindari-cahaya-biru-di-smartphone-yang-bisa-bikin-mata-kering)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook