Dec 10, 2018 Last Updated 9:12 AM, Dec 7, 2018

Pelembap yang Mengandung SPF Ternyata Kurang Optimal Melindungi Wajah, Ini Penjelasan Dokter

Published in Lifestyle
Read 252 times
Rate this item
(0 votes)

SEKARANG ini semakin banyak ahli yang menyatakan pentingnya penggunaan tabir surya. Biarpun aktivitas hanya sekadar di dalam ruangan, penggunaan tabir surya tetap diperlukan untuk melindungi kulit dari pancaran sinar yang berbahaya. Beruntung sudah banyak masyarakat yang menyadari hal tersebut. Sayang, mereka kurang tepat mengaplikasikannya.

Sejumlah brand kecantikan ada yang mengeluarkan produk ber-SPF seperti pelembap dan BB Cushion. Beberapa orang percaya bila sudah mengenakan produk tersebut tidak perlu menggunakan tabir surya lagi karena dianggap sudah terlindungi. Padahal itu adalah pemahaman yang keliru.

Dijelaskan oleh dokter spesialis kulit dan dan kelamin, dr Kardiana Purnama Dewi Sp.KK, penggunaan seperti itu tidak tepat karena perlindungannya terhadap kulit kurang efektif. Seharusnya penggunaan pelembap maupun BB Cushion dipisah dengan tabir surya. Sebab cara pengaplikasiannya berbeda.

"Enggak efektif kalau dicampur, karena 'kan sunblock harusnya (digunakan) tebal. Sedangkan kalau pelembap (digunakan) tebal, mukanya jadi berminyak banget. Makanya enggak sinkron," jelas dokter yang akrab disapa Dewi itu saat ditemui Okezone dalam sebuah acara di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat belum lama ini.

Namun dokter yang berpraktek di Skin & Aesthetics Clinic, Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, itu juga menyatakan bila untuk segi kepraktisan penggunaan pelembap yang mengandung SPF masih bisa ditolerir. Tapi tidak sama halnya dengan BB Cushion.

 

"Kadang-kadang untuk segi kepraktisan sehari-hari, penempelan ke muka lebih baik yang sudah dicampur. Kalau memang demikian boleh saja. Tapi jika banyak aktivitas di luar ruangan cari pelembap dengan SPF minimal 50, teksturnya enak, dan enggak terlalu berminyak, selain itu pakainya juga jangan terlalu tipis," ungkap dr Dewi.

Untuk mereka yang kulitnya tidak terlalu berminyak, bisa disiasati dengan cara hanya memakai tabir surya tanpa perlu pelembap. "Pada dasarnya sunblock sudah agak oily jadi sudah ada bantuan untuk meng-cover enggak terlalu kering kulitnya. Tapi ingat setiap kali abis cuci muka termasuk wudhu sunblock di re-apply, tapi wajah harus dibersihkan dulu," tambah dr Dewi.

Sedangkan bila ada yang hanya ingin menggunakan BB Cushion dengan kandungan SPF, dirinya tidak menyarankan hal tersebut. "Kalau SPF di BB Cushion itu kurang sekali karena tidak rata menutup kulit. Terlebih dipakainya setipis mungkin sehingga jadi tidak ada efek proteksinya. Kalau mau pakai pelembap dulu sama sunblock baru ditutup BB Cushion," papar dr Dewi.

Penggunaan tabir surya harus diulangi 2-3 jam sekali. Tapi pastikan sebelumnya wajah sudah dibersihkan dengan sabun. Sebab bila dipakai dalam keadaan wajah kotor dapat menimbulkan jerawat dan bruntusan.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/09/17/194/1951418/pelembap-yang-mengandung-spf-ternyata-kurang-optimal-melindungi-wajah-ini-penjelasan-dokter)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook