Dec 10, 2018 Last Updated 9:12 AM, Dec 7, 2018

Jokowi Tekankan 4 Prioritas Penanganan Gempa dan Tsunami di Sulteng

Published in Nasional
Read 208 times
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan ada empat prioritas dalam penanganan pasca-bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Pertama, kata dia, prioritaskan pada evakuasi korban dan pencarian terhadap korban yang diperkirakan masih selamat. Ia pun telah menginstruksikan Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi untuk menambah personelnya yang juga dibantu oleh prajurit TNI dan Polri.

"Sehingga bisa menjangkau lebih banyak ke wilayah yang terdampak. masuk ke Donggala, masuk ke Sigi, masuk ke Parigi, Moutong," kata Jokowi dalam Ratas 'Penanganan Dampak Gempa dan Tsunami di Palu, dan Donggala' di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Jokowi juga telah meminta Kementerian PUPR untuk mengerahkan banyak alat berat dalam membantu Tim Stagas Tanggap Darurat di Sulteng. Selain itu, ia meminta Kementerian PUPR memakai alat berat milik swasta.

 

Prioritas kedua, lanjutnya, yang berkaitan dengan medis. Jokowi telah meninjau lokasi yang terdampak gempa dan tsunami pada Sabtu 29 September 2018. Menurut dia, para korban sangat memerlukan tenda dan penanganan medis untuk para korban yang selamat.

"Saya minta kementerian yang masih memiliki tenda besar agar segera dikirimkan ke Palu, Donggala, Parigi Moutong, Sigi, terutama yang berkaitan dengan penanganan korban di lapangan. Juga termasuk di dalamnya kapal TNI, rumah sakit TNI, agar segera didorong ke sana," sambungnya.

Jokowi tinjau gempa Palu. (Foto : Biro Pers Setpres)

"Dan saya minta menteri kesehatan memperbanyak rumah sakit lapangan, karena saya lihat tidak memungkinkan korban dirawat di dalam rumah sakit. Tentu saja, pastikan kesediaan obat-obatan, tenaga medis, agar semua betul-betul tersedia," tambah Kepala Negara.

Jokowi melanjutkan, prioritas ketiga adalah yang berkaitan dengan penanganan pengungsi. Dia meminta agar titik-titik pengungsian dipastikan dapat memenuhi bahan makanan, kebutuhan untuk perempuan, bayi, dan anak-anak.

"Terutama yang berkaitan dengan penyediaan air dan MCK untuk pengungsi. Ini betul-betul darurat, karena listriknya masih padam, sehingga mencari air sangat sulit di lapangan," paparnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta TNI dan Polri memastikan aspek keamanan guna menjaga distribusi logistik para pengungsi dapat benar-benar sampai.

Ia menambahkan, prioritas keempat dalam penanganan bencana gempa dan tsunami di Sulteng itu yakni memastikan perbaikan infrastruktur. Utamanya, kata Jokowi, perbaikan Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu.

"Kemudian jalan-jalan yang kena longsor, agar segera diselesaikan. Kemudian kedua, yang berkaitan dengan listrik, ini vital sekali karena penanganan medis tak bisa berjalan jika tidak ada listrik. Air tidak didapat juga karena listrik belum menyala," tandasnya.

 

(https://news.okezone.com/read/2018/10/02/337/1958541/jokowi-tekankan-4-prioritas-penanganan-gempa-dan-tsunami-di-sulteng)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook