Dec 16, 2018 Last Updated 9:36 AM, Dec 13, 2018

Punya Pori-Pori Besar Tapi Ingin Wajah Flawless? Ikuti Cara Ini!

Published in Lifestyle
Read 56 times
Rate this item
(0 votes)

PORI-pori menjadi pembahasan sebagian besar komunitas kecantikan, dengan banyaknya produk dan informasi tentang bagaimana menjaga pori-pori. Tetapi apa sebenarnya pori-pori itu? Pori-pori merupakan bagian teratas kulit yang terdapat folikel yang mana semua bulu di wajah berasal dan kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum atau minyak.

Sebum sebenarnya baik untuk kulit karena mengandung nutrisi, protein, dan melindungi kulit dari lingkungan yang berbahaya. Tetapi jika produksi sebum terlalu berlebih bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan nampak besar. Jika dikombinasikan dengan bakteri, sel kulit mati, dan keringat akan menumbuhkan jerawat di wajah. Bahkan tak jarang, bekas jerawat inilah yang membuat ukuran pori-pori membesar.

Meski jenis dan kondisi kulit wajah bersifat genetik yang tidak dapat diubah, tetapi dapat diatasi dengan rutinitas atau kebiasaan yang membantu merawat kulit agar pori-pori besar tidak terlalu tampak dan tetap terlihat flawless. Bagaimana caranya? dikutip Soompi, berikut tips merawat wajah berpori besar agar wajah tampak bersinar.

Tips mengecilkan pori

Air Dingin

Hal ini sangat mendasar, tetapi terbukti berhasil. Ada istilah teknis yang disebut pemuaian panas yang berarti panas membuat pori-pori terbuka. Inilah alasan mengapa saat mencuci muka dianjurkan menggunakan air hangat dan jika ingin mengecilkan pori-pori maka cucilah dengan menggunakan air dingin.

 

Menyeka dengan Tisu (dengan jumlah sedang)

Menurut Beauty Within kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang adalah menyeka dengan berlebihan ketika wajah memiliki banyak minyak. Menyeka kulit dengan tisu satu atau dua kali di siang hari tidaklah masalah. Tetapi jika melakukan hal itu setiap hari akan membentuk vicious cycle di kulit kamu. Jadi untuk yang tinggal diiklim panas dan lembap cobalah untuk menahan menyekanya secara berlebihan.

Tisu Pembersih

Gunakan penghapus makeup yang bersih, jangan gunakan handuk yang digunakan untuk menyeka keringat saat berolahraga. Penumpukan bakteri akan menyebabkan timbulnya jerawat. Dengan menggunakan tisu pembersih, kamu dapat menghilangkan semua kotoran dan keringat. Jangan langsung mencuci wajah setelah melakukan kegiatan diluar, karena suhu panas membuat pori-porimu membesar. Sebaiknya tunggu beberapa menit dan lanjut rutinitas cleansingmu.

Hidrasi & Melembapkan

Pakar perawatan kulit Liah Yoo menyarankan semua orang perlu menghidrasi dan melembapkan kulit. Hal itu didasari bahwa pengelupasan kulit membuat kering sehingga membuat pori-pori lebih terlihat.

Minyak esensial

Menggunakan minyak untuk memerangi minyak sebenarnya adalah salah satu cara terbaik mengurangi jumlah minyak yang diproduksi secara alami. Kulit kamu akan mengenali minyak yang diberikan dan akan menahan produksi minyak yang berlebihan. Yang perlu diperhatikan terutama jika kamu memiliki kulit yang berminyak adalah kandungan comodogenic yang terdapat dalam minyak yang kamu gunakan.

Perawatan sehari-hari

Toner

Toner telah terbukti dapat mengecilkan pori-pori. Jadi, jangan bingung atau mengklaim bahwa menggunakan toner tertentu akan menyusutkan pori-pori secara drastis. Toner juga dapat menghilangkan sisa-sisa kotoran yang ada diwajah serta menyeimbangkan pH pada kulit.

 

Tabir surya

Tidak hanya melindungi wajah dari paparan sinar matahari, tabir surya juga mencegah kerusakan kulit yang menyebabkan hilangnya kekenyalan dan kekencangan kulit. Hal ini bisa membuat pori-pori kamu terlihat dengan jelas. Jadi, menggunakan tabir surya bermanfaat bagi pori-pori dan kulit kamu.

Clay Mask

Clay sangatlah membantu mengeluarkan kotoran dari dalam pori-pori kamu. Membersihkan banyak kotoran dan bakteri yang tidak hilang saat proses exfoliator. Clay mask juga menyerap minyak berlebih, dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2018/11/26/611/1982808/punya-pori-pori-besar-tapi-ingin-wajah-flawless-ikuti-cara-ini)

Last modified on Monday, 26 November 2018 18:32

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook