Mar 19, 2019 Last Updated 10:33 AM, Mar 19, 2019

Jokowi Targetkan Bangun 1.000 Balai Latihan Kerja Tahun Ini

Published in Nasional
Read 144 times
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan membangun 1.000 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di pondok pesantren pada tahun ini. Ia berharap, pembangunan 1.000 BLK Komunitas ini bisa membentuk keterampilan kerja para santri.

Kepala Negara memaparkan, melalui BLK Komunitas para santri bisa dididik hingga menjadi Direktur Bank Syariah.

"Santri jadi bankir kan boleh, ya kan. Jadi Manajer Bank Syariah bisa, jadi Direktur Bank Syariah kenapa tidak. Itu pelatihannya di sini (BLK Komunitas), di sini, di sini," kata Jokowi dalam acara Perjanjian BLK Komunitas Tahap I Tahun 2019 antara Kementerian Tenaga Kerja dengan Pondok Pesantren di Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Jokowi mengatakan, pembangunan BLK Komunitas di Pondok Pesantren akan memberikan banyak keuntungan bagi para santri. Salah satunya, sambung dia, para santri tidak perlu keluar dari area pesantren untuk mengikuti pelatihan di BLK Komunitas.

"Ini di dalam, coba. Bisa dilakukan abis subuh, bisa dilakukan sehabis zuhur, bisa dilakukan malam hari sehabis Isya, bisa. Karana santrinya ada di situ loh. Ini efektif sekali," ucapnya.

Jokowi

Ia berharap, kementerian dan lembaha negara bisa membuka peluang kerja seluas-luasnya kepada para santri yang sudah mengikuti BLK Komunitas, seperti di bidang industri kreatif, IT, garmen, maupun pertanian.

Jokowi juga turut menyampaikan hal itu kepada Kepala Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Rosan Perkasa Roeslani guna memperhatikan peluang para santri untuk mengisi posisi strategis di lembaga yang dipimpinnya.

"Kerja sama silakan, itulah Kadin membuka lebar-lebar. Ya Pak Rosan ya. Membuka lebar-lebar kerja sama artinya setelah dilatih ini ada yang menerima nantinya. Misalnya IT, bisa diterima di perbankan-perbankan yang kita miliki kenapa tidak," tuturnya.

Program BLK Komunitas pertama kali dilaksanakan tahun 2017. Saat itu, ada 50 BLK yang dibangun di pondok pesantren. Pada 2018, pemerintah sudah membangun 75 BLK Komunitas.

Tahun ini bakal dibangun 1.000 BLK Komunitas yang dilanjutkan dengan 3.000 BLK Komunitas tahun depan. Tidak tertutup kemungkinan jumlah BLK Komunitas akan terus ditingkatkan setiap tahun apabila memberikan dampak positif bagi keterampilan para santri.

 

(okezone.com)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook