Jan 17, 2018 Last Updated 7:15 AM, Jan 17, 2018

Rambut Kusut Enggak Karuan? Coba Atasi dengan Daun Jambu Biji!

Published in Lifestyle
Read 28 times
Rate this item
(0 votes)

SETIAP yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa di muka bumi ini, pada dasarnya memang hadir dengan segala manfaat di dalamnya, bahkan sehelai daun pun.

Termasuk salah satunya daun jambu biji, yang disebutkan dipenuhi dengan kandungan banyak nutrisi, vitamin B dan vitamin C sehingga dapat dimanfaatkan untuk bahan alami perawatan kesehatan sekaligus kecantikan rambut.

Tertarik ingin mengetahui apa saja sih manfaat dari daun jambu biji untuk rambut dan bagaimana cara pengaplikasiannya? Yuk simak dulu penjelasan singkatnya berikut ini.

1. Mengusir ketombe : Untuk mengusir ketombe yang menganggu dan membuat gatal ini, cukup kombinasikan daun jambu biji dengan air perasan lemon. Giling segenggam daun jambu biji di dalam blender sehingga menjadi bubuk, lalu campur bubuk ini dengan 2-3 sendok makan air perasan lemon, aduk merata. Aplikasikan langsung ke area kulit kepala secara merata, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas bersih. Untuk hasil nyata, lakukan metode ini setiap satu pekan sekali.

2. Rambut rusak karena panas : Rambut yang terkena panas, baik itu paparan sinar matahari ataupun panas dari alat styling rambut cenderung sangat mudah untuk rusak. Untuk memperbaikinya secara perlahan, daun jambu biji bisa dijadikan alternatif cara alami. Caranya cukup rebus segenggam daun jambu biji dengan 2 cup air (470 ml) dalam wadah pan atau panci, rebus selama 10-15 menit, setelah 15 menit angkat dari kompor lalu dinginkan sesaat. Sementara itu, ambil alpukat matang hancurkan daging buahnya, lalu campurkan dengan air rebusan daun jambu biji tersebut kemudian aduk merata baru oleskan ke kulit kepala dan helai rambut secara menyeluruh sebagai masker, diamkan selama 25-30 menit baru bilas rambut dan kulit kepala sampai bersih dengan air dingin.

3. Rambut berminyak : Rambut berminyak dan lepek, siapa sih yang mau? Jika Anda adalah salah satu yang mengalami masalah rambut berminyak ini, kenapa tak coba untuk mengurangi kondisi rambut yang berminyak ini dengan mencampurkan bubuk daun jambu biji (giling segenggam daun jambu biji di dalam blender sehingga menjadi bubuk kering) dengan putih telur. Balurkan campuran daun jambu biji-putih telur ini ke area kulit kepala, diamkan saja selama 40 menit lalu cuci rambut sampai bersih dengan air hangat dan sampo yang biasa digunakan sehari-hari. Agar hasilnya nyata terasa, rutinlah untuk melakukan metode ini per satu pekan.

4. Rambut kusut-kaku : Ambil 2 sendok makan bubuk halus jambu biji (dari segenggam daun jambu biji yang digiling di dalam blender sehingga menjadi bubuk), lalu tambahkan dengan 3 sendok makan minyak kelapa, aduk merata sampai jadi pasta kental, oleskan merata ke seluruh area rambut diamkan selama 30 menit lalu cuci rambut sampai bersih dengan memakai mild shampoo. Untuk hasil nyata, pakailah masker rambut ini rutin per minggu. Demikian seperti dilansir Boldsky, Selasa (28/11/2017).

 

(https://lifestyle.okezone.com/read/2017/11/27/194/1821563/rambut-kusut-enggak-karuan-coba-atasi-dengan-daun-jambu-biji)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook