May 23, 2017 Last Updated 8:32 AM, May 22, 2017

TOP TECHNO: Pria Asal Inggris 22 Tahun Berhasil Hentikan Ransomware

Published in Techno
Read 16 times
Rate this item
(0 votes)

Ransomware WannaCry berhasil dihentikan oleh seorang pria asal Inggris berusia 22 tahun. Ia secara tak sengaja berhasil menghentikan peredaran wabah program jahat tersebut yang menginfeksi ribuan komputer.

Dilansir Abc, ransomware WannaCry berhasil menelan jaringan rumah sakit (RS) Inggris dan sistem komputer di beberapa negara sebagai upaya untuk memeras korbannya dengan meminta sejumlah uang tebusan. Namun, berkat tindakan remaja yang dijuluki MalwareTech, ransomware WannaCry bisa dihentikan dan memperlambat wabah tersebut.

Aksi MalwareTech dalam menghentikan WannaCry tersebut disebut sebagai tindakan tak sengaja. Dalam posting-an di blog, MalwareTech mengatakan pada saat itu ia kembali dari makan siang bersama seorang teman dan mengetahui bahwa jaringan di seluruh sistem kesehatan Inggris dilanda ransomware.

Mengetahui hal itu sebagai sesuatu yang besar, ia mulai menganalisis sampel software malicious dan memperhatikan kode berisi alamat web tersembunyi yang tak didaftarkan. Mendapati hal itu, ia kemudian segera mendaftarkan domainnya.

Hal itu ia lakukan untuk menemukan cara untuk melacak piranti lunak berbahaya dengan membayar hanya USD10,69 untuk alamat. Sementara itu, Darien Huss, seorang insinyur riset berusia 28 tahun untuk firma keamanan dunia maya Proofpoint sedang melakukan analisis sendiri.

Penduduk Michigan Barat mengatakan bahwa ia memperhatikan authors malware tersebut telah meninggalkannya dalam sebuah fitur yang dikenal sebagai 'switch kill' atau saklar pembunuh. Huss mengambil screenshot dan membagikan temuannya di Twitter.

MalwareTech dan Huss merupakan bagian dari komunitas cybersecurity global yang besar terus mengawasi serangan dan bekerja sama untuk menghentikan atau mencegahnya.

Soon Huss dan Malware Tech berkomunikasi tentang temuan mereka, kemudian ia mendaftarkan nama domain dan mengalihkan serangan ke server MalwareTech yang telah mengaktifkan saklar pembunuh, ia menghentikan infeksi ransomware dengan menciptkan "sinkhole".

Meskipun alamat webnya cukup jelas dalam kode tersebut, MalwareTech mengatakan bahwa ia menduga orang di balik serangan tersebut tak sadar bahwa saklar pembunuh bisa digunakan untuk menghentikan penyebaran ransomware.

 

(okezone.com)

 

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.

Asyik di Facebook